Ia menjadi Ketua DPR RI, menggantikan Setya Novanto yang mengundurkan diri 16 Desember 2015.

Ade Komarudin

Tempat lahir: Purwakarta, Jawa Barat

Tanggal lahir: 20 Mei 1965

Ade Komarudin merupakan politisi senior Partai Golongan Karya. Ia menjadi Ketua DPR RI, menggantikan Setya Novanto yang mengundurkan diri 16 Desember 2015.


Ade Komarudin telah menjabat sebagai anggota parlemen selama lima periode berturut-turut. Ia dipercaya menjabat Ketua Fraksi Golkar DPR RI sejak 2014.


Pria yang merupakan alumnus Universitas Islam Negeri, Jakarta ini sejak tahun 1997 telah berhasil duduk di kursi DPR RI hingga tahun 2019. Mengawali karier politik dengan bergabung menjadi anggota partai Golongan Karya, karier politik Ade Komarudin terus menanjak. Ia pernah menjabat wakil sekretaris jenderal di dua organisasi kepemudaan yang berbeda, yakni Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) dan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sejak tahun 1993 hingga tahun 1998.


Pada tahun 2010, Ade Komarudin melakukan langkah besarnya dalam karier politik dengan turut serta dalam bursa pemilihan ketua umum Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia atau SOKSI. Kendati saat itu Ade Komarudin mencalonkan dirinya dalam pemilihan tanpa didampingi tim sukses, namun ia mendapat banyak dukungan kuat dari sejumlah pengurus SOKSI di daerah. Selain itu, ia juga memperoleh dukungan dari sejumlah tokoh Partai Golkar, salah satunya Akbar Tanjung. Setelah melalui proses pemilihan yang panjang, Ade Komarudin berhasil keluar sebagai pemenang.


Ade Komarudin selanjutnya memimpin SOSKI, kepengurusan dilengkapi 22 departemen, dengan jumlah pengurus total sebanyak 150 orang. Pelantikan Ade Komarudin sebagai Ketua Umum Soksi beserta jajarannya pada tanggal 25 Juni 2010 dan dilakukan pendiri SOKSI Prof. Suhardiman yang didampingi Ketua Umum DPP Partai Golkar pada saat itu, Aburizal Bakrie.