Ketua Umum Partai Golkar yang menggantikan Setya Novanto.

 

Airlangga Hartarto

Tempat lahir: Surabaya, Jawa Timur

 

Tanggal lahir: 1 Oktober 1962

 
Airlangga Hartarto, politisi Partai Golkar yang kini menduduki kursi ketua umum menggantikan Setya Novanto.
 
Airlangga merupakan Menteri Perindustrian Kabinet Kerja. Ia adalah putra dari Ir. Hartarto yang juga pernah memimpin kementerian yang sama dalam Kabinet Pembangunan IV dan V era Orde Baru (Orba).
 
Pendidikan tinggi Airlangga dimulai ketika ia memilih Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Mesin, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta usai lulus dari SMA Kanisius, Jakarta pada 1981.
 
Setelah merasa cukup dengan pendidikan dalam negeri, pada 1987, Airlangga menimba ilmu di beberapa kampus ternama dunia, di antaranya, University of Pennsylvania, Philadelphia, USA (1993), Monash University, Australia (1996), dan Melbourne Business School University of Melbourne, Australia (1997).
 
Sekembalinya ke Tanah Air, pria kelahiran Surabaya,  1 Oktober 1962 ini mulai menekuni dunia bisnis. Di beberapa perusahaan cukup mentereng, Airlangga pernah tercatat sebagai presiden komisaris.
 
Dalam dunia politik, sepak terjang Airlangga mulai menyita perhatian ketika ia berhasil terpilih menjadi Wakil Bendahara DPP Partai Golkar periode 2004-2009. Setelah itu, suami Yanti K Isfandiary ini juga berhasil menjadi anggota DPR RI periode 2009-2014 pasca memenangi pemilu legislatif untuk daerah Pemilihan Jawa Barat V.