Presiden ke-44 Amerika Serikat. Pemenang hadiah Nobel Perdamaian 2009.

Barack Hussein Obama

Tempat lahir: Honolulu, Hawaii
Tanggal lahir: 4 Agustus 1961.

 

Barack Obama merupakan presiden Amerika Serikat ke-44. Ia adalah orang Afrika-Amerika pertama yang menjabat presiden AS. Bahkan perannya sebagai orang nomor satu di negeri Paman Sam ini dijalankan selama dua periode masa kepemimpinan.

Lulusan Universitas Columbia dan Harvard Law School ini pernah bekerja sebagai jaksa di Chicago dan menjadi pengajar di  University of Chicago Law School sejak 1992 sampai 2004. Ia pernah mencoba berkiprah di dunia politik dengan  tiga kali mewakili Distrik ke-13 di Senat Illinois mulai tahun 1997 hingga 2004, namun tidak lolos ke tahap Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat tahun 2000.

Namun, pada tahun 2004, Obama menjadi sorotan publik saat berkampanye mewakili Illionis di Senat AS melalui kemenangannya pada pemilu pendahuluan Partai Demokrat bulan Maret, pidatonya di Konvensi Nasional Demokrat bulan Juli, dan pemilihannya sebagai Senat pada bulan November.

Ia memulai kampanye presidennya tahun 2007, dan pada tahun 2008, setelah kampanye pendahuluan melawan Hillary Rodham Clinton, Obama memenangkan mayoritas suara delegasi dalam pemilu pendahuluan partai Demokrat untuk dijadikan calon presiden. Ia kemudian mengalahkan calon dari Partai Republik John McCain dalam pemilihan umum presiden tahun 2008, dan dilantik sebagai presiden pada tanggal 20 Januari 2009.

Kemudian, ia terpilih lagi sebagai presiden AS pada November 2012, mengalahkan Mitt Romney dari Partai Republik, dan dilantik untuk kedua kalinya pada tanggal 20 Januari 2013.[

Obama pernah memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian 2009 atas upayanya yang dinilai luar biasa dalam memperkuat diplomasi AS di kancah internasional dan kerja sama antarmasyarakat.

Ia juga memiliki sepenggal kisah tinggal bersama ibu dan ayah tirinya di Jakarta tahun 1967-1971. Dalam berbagai kesempatan Obama pernah mengenang masa kecilnya di Jakarta sebagai 'Barry Obama'. Obama bersekolah di SD Santo Fransiskus Asisi di Tebet selama tiga tahun, lalu pindah ke SD Negeri Menteng 1 (atau SD Besuki) di Menteng hingga ia berusia 10 tahun. Obama kecil bergaul dengan teman sebayanya, bermain sepeda, dan menikmati jajanan serta berbagai makanan khas Indonesia.

Selama delapan tahun pemerintahan kabinetnya di As, kebijakan-kebijakan Obama menuai pro dan kontra. Antara lain, mengakhiri keterlibatan militer A.S. dalam Perang Irak, menambah jumlah tentara di Afganistan, menandatangani perjanjian pengendalian senjata New START bersama Rusia, memerintahkan intervensi militer A.S. di Libya, dan melaksanakan operasi militer yang berujung pada kematian Osama bin Laden. Pada bulan mei 2012, ia menjadi presiden A.S. pertama yang mendukung pengesahan pernikahan sesama jenis secara terbuka.