Sineas yang juga sukses sebagai aktor di panggung politik.

Deddy Mizwar

Tanggal Lahir: 5 Maret 1955
Tempat Lahir: Jakarta
Karier:
- Ketua Badan Pertimbangan Perfilman Nasional (2006 - 2009)
- Wakil Gubernur Jawa Barat (2013 - 2018)

Nama Deddy Mizwar melejit lewat jalur perfilman. Kepiawannya bermain watak membawa dia ke panggung film Indonesia. Sejak sukses berperan sebagai tokoh Naga Bonar dalam film Naga Bonar, Deddy konsisten di dunia seni peran. 

Sejak 1997, pria berdarah Betawi-Belanda-Bugis ini mendirikan production house-nya sendiri, PT Demi Gisela Citra Sinema. Produksi pertamanya adalah serial televisi Mat Angin. Disusul kemudian serial Ramadan Lorong Waktu (6 musim), Demi Masa, Kiamat Sudah Dekat (film dan serial televisi), film Ketika, film Nagabonar Jadi 2, serial televisi Para Pencari Tuhan, dan terakhir film Identitas yang meraih Piala Citra sebagai film terbaik FFI 2009. 

Di semua judul itu, Deddy Mizwar bertindak selaku produser sekaligus aktor dan sutradaranya. Sinetron dan film produksi Citra Sinema dikenal konsisten mengandung muatan religi dan komedi, meski beberapa judul bergenre drama. Misalnya serial televisi Adillah (RCTI), Rinduku CintaMu (SCTV), dan Gerbang Penantian (Lativi).

Pada 2012 Deddy memutuskan terjun ke dalam dunia politik, mencalonkan diri sebagai wakil gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2013, mendampingi gubernur petahana Ahmad Heryawan. Dari hasil penghitungan cepat (quick count) sejumlah lembaga survei, pasangan Heryawan dan Deddy dinyatakan menang satu putaran.

Dan benar, pada 3 Maret 2013 pasangan ini ditetapkan menjadi pemenang Pilgub Jabar dan memimpin Jabar dalam kurun 2013 - 2018. Pasangan ini meraih 6.515.313 suara atau sekitar 32 persen dari suara sah di 26 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

Pada Pilgub Jabar 2018, Deddy kembali bertarung. Ia berpasangan dengan Dedy Mulyadi. Pasangan ini diusung Demokrat dan Golkar. Sayangnya, pasangan ini kalah. Di Pilpres 2019, Deddy siap jika diplot sebagai juru bicara Tim Pemenangan Joko Widodo - Ma'ruf Amin.