Mohammad Jumhur Hidayat adalah mantan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Ia sebelumnya menjabat posisi tersebut melalui Kepres No 2/2007 11 Januari 2007.

Jumhur Hidayat

Tanggal lahir  : 18 Februari 1968
Tempat lahir   : Bandung

Mohammad Jumhur Hidayat adalah mantan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Ia sebelumnya menjabat posisi tersebut melalui Kepres No 2/2007 11 Januari 2007.Ia dipecat SBY 11 Maret 2014, dan digantikan Abdullah Mansur. Sebelumnya Jumhur sempat mengajukan diri untuk ikut konvensi calon presiden Partai Demokrat tetapi tidak lolos.

Semasa mahasiswa, Jumhur yang masuk ke jurusan Teknik Fisika pada 1986 terpanggil untuk menjadi aktivis. Ia pun turut ambil bagian dalam aksi-aksi unjuk rasa menyikapi kasus  Kedung Ombo pada 1988. Ia sempat ditangkap setelah peristiwa 5 Agustus 1989 di mana saat itu ia dan aktivis ITB lain, seperti Fadjroel Rachman, Amarsyah, Enin Supriyanto, Bambang Sugiyanto, dan Arnold Purba menggerakan protes menentang kedatangan Menteri Dalam Negeri Rudini ke ITB. Jumhur dan rekan-rekan dipenjara selama tiga tahun.

Setelah lepas dari penjara, Jumhur bergabung dengan Center for Information and Development Studies. pada 1993.Dia juga kemudian mendirikan Yayasan Kesejahteraan Pekerja Indonesia (YKPI) dan Gabungan Serikat Pekerja Merdeka Indonesia (Gaspermindo). Ia juga pernah menjadi Ketua Bidang Buruh dan Ketenagakerjaan ICMI Pusat, Anggota Dewan Pakar ICMI.Pernah juga menjadi Ketua Dewan Pembina Supir Indonesia. Lalu menjadi Ketua Dewan Penasehat Asosiasi Pedagang Grosir Keliling Indonesia). Menjadi anggota Dewan Penasihat Asosiasi Pedang Kaki Lima Indonesia. Selain itu ia juga aktif di organisasi lain.