ANDRIANI Marshanda lebih dulu dikenal sebagai artis cilik.

Marshanda

Nama Lahir   : Andriani Marshanda
Tangal Lahir  : 10 Agustus 1989
Pekerjaan     : Penyanyi, penulis lagu, aktris, desainer, motivator.

Andriani Marshanda lebih dulu dikenal sebagai artis cilik. Ia merintis karier di dunia hiburan pada  1997, secara tak sengaja. Ketika kelas 1 SD, ia menemani tantenya yang juga seorang model, Chintya Rustam. Itulah kali pertama pencari bakat menemukannya.

 

Sejak itu ia muncul di sejumlah iklan, kemudian merambah dunia tarik suara dan bekerja sama dengan pencipta lagu anak-anak, Papa T Bob, sebelum akhirnya bermain di sinetron dan film.

 

Lama mondar-mandir di layar televisi, sosok Marshanda justru begitu sangat menyita perhatian publik setelah ia mengunggah video rekamannya di YouTube pada 2009. Ia bernyanyi-nyanyi dan meluapkan kekesalan atas derita yang dialaminya di masa lalu. Aksi itu dianggap tak wajar dilakukan Marshanda. Ia pun dituding sedang depresi.

 

Setelah menikah dengan Ben Kasyafani pada 2 April 2011, Caca, panggilan akrabnya, menjalani kehidupan dengan nuansa berbeda. Ia mengenakan hijab dan kerap tampil sebagai motivator. Namun, awal 2014, Caca kembali menebar sensasi. Ia menggugat cerai suami dan mengunggah gambar dirinya ke situs jejaring sosial tanpa hijab. Kehebohan pun timbul. Pro kontra atas pilihan Caca membuka hijab bertebaran di dunia maya. Banyak yang mencerca, meski ada juga yang membela.

 

Kisah hijab dan perceraiannya belum surut, Caca dikabarkan disekap oleh ibundanya, Riyanti Sofyan, di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat, karena dianggap sedang memiliki masalah kejiwaan. Ia tak terima dengan perlakuan itu sehingga meminta bantuan pengacara kondang OC Kaligis untuk melaporkan ibunya.

 

Caca menganggap, ia tidak sedang "sakit" sehingga perlakuan ibunya dianggapnya sebagai penyekapan. OC Kaligis memilih memakai kata "pemasungan' untuk menggambarkan peristiwa yang dialami Marshanda itu. Marshanda seperti dipasung karena kebebasan dan haknya dirampas sepihak oleh ibunda.