Ia merupakan pendiri sekaligus CEO perusahaan rintisan Bukalapak.

Achmad Zaky

Tempat lahir: Sragen, Jawa Tengah

Tanggal lahir: 24 Agustus 1986

Prestasi:

- Penggagas lahirnya cabang ShARE Global Student Think-Tank saat masih menjadi mahasiswa di ITB.

- Juara II Indosat Wireless Innovation Contest pada 2007.

- Meraih Merit Award pada kompetisi Indonesia ICT Awards (INAICTA) pada 2008.

- Meraih beasiswa studi ke Oregon State University dari pemerintah Amerika Serikat selama dua bulan pada 2008. 

- Mewakili ITB dalam ajang Harvard National Model United Nations pada 2009.

- Lolos seleksi International Selection Panel (ISP) Endeavor ke-63 di Dubai sebagai entrepreneur Indonesia yang sukses.

Achmad Zaky bisa disebut sebagai model ideal pemuda milenial. Di usianya yang baru 32 tahun, pendiri sekaligus CEO Bukalapak, perusahaan perdagangan elektronik (e-commerce), ini sudah meraih segalanya: kesuksesan, kekayaan, bahkan ketenaran.

Lahir di Sragen, Jawa Tengah, 24 Agustus 1986, Zaky kecil amat antusias dengan semua hal yang berbau teknologi komputer. Ini terjadi setelah salah satu pamannya menghadiahkan komputer beserta buku manualnya saat Zaky berusia 13 tahun. Zaky kecil begitu bergairah melahap segala hal yang berkaitan dengan teknologi informasi.

Saat bersekolah di SMA Negeri 1 Solo, Jawa Tengah, talentanya semakin terasah saat mewakili sekolah di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang komputer. Terbukti, dia mampu mengharumkan nama sekolah hingga ke tingkat nasional.

Zaky lantas berkuliah di perguruan tinggi mentereng, yakni Institut Teknologi Bandung (ITB). Di sana, kecerdasannya seperti mendapat tempat. Dia terus berinovasi dan tak pernah absen meraih prestasi.

Lulus dari ITB, Zaky mendirikan perusahaan jasa konsultasi teknologi bernama Suitmedia. Di sinilah cikal bakal dia mengembangkan Bukalapak. Saat ini Bukalapak adalah satu dari empat perusahaan rintisan di Indonesia yang menyandang status 'unicorn' atau bervaluasi lebih dari USD1 miliar (Rp14,14 triliun--berdasarkan nilai tukar 15 Februari 2019).