Ia merupakan menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia

Retno Marsudi

Tempat lahir: Semarang, Jawa Tengah

Tanggal lahir: 27 November 1962

Retno Lestari Priansari Marsudi alias Retno Marsudi merupakan Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo.

Menteri luar negeri perempuan pertama di Indonesia ini lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 27 November 1962.

Pendidikan menengah Retno ditempuh di SMA Negeri 3 Semarang, sebelum akhirnya meraih gelar sarjana di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, pada 1985.

Merasa tak puas, Retno pun langsung melanjutkan S2 dengan konsentrasi Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool, Belanda.

Karier Retno di Kementerian Luar Negeri sebenarnya bukan sesuatu yang baru. Setelah rampung menempuh S2, ia bergabung sebagai sekretaris bidang di Kedutaan RI untuk Belanda sejak 1997.

Pada 2001, Retno ditunjuk sebagai Direktur Eropa dan Amerika. Lantas, dipromosikan menjadi Direktur Eropa Barat pada 2003.
Perjalanan Retno kian cemerlang. Pada 2005, ia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia dan Islandia.

Bukan cuma sebagai Menteri Luar Negeri pertama RI, Retno juga merupakan dubes RI pertama yang meraih penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia pada Desember 2011.
Retno sempat mendalami studi hak asasi manusia di Universitas Oslo, Amerika Serikat. Setelah itu, ia diminta kembali ke Jakarta untuk menjadi Direktur Jenderal Eropa dan Amerika dan bertanggung jawab mengawasi hubungan Indonesia dengan 82 negara.

Sebelum diminta jadi Menteri Luar Negeri oleh Jokowi, Retno ditunjuk sebagai Duta Besar RI untuk Kerajaan Belanda pada 2012. Ia juga pernah memimpin berbagai negosiasi multilateral dan konsultasi bilateral dengan Uni Eropa, ASEM (Asia-Europe Meeting) dan FEALAC (Forum for East Asia-Latin America Cooperation).