Raja ke-7 Arab Saudi.

Salman bin Abdulaziz al-Saud

Tempat lahir: Riyadh, Arab Saudi

Tanggal lahir: 31 Desember 1935
Salman bin Abdulaziz al-Saud merupakan pimpinan tertinggi Kerajaan Arab Saudi. Ia adalah raja ke tujuh dan penjaga dua kota suci, Mekkah dan Madinah.
 
Salman dinobatkan sebagai raja pada 23 Januari 2015, menggantikan saudara tirinya, Abdullah bin Abdulaziz al-Saud yang mangkat pada usia 90 tahun. Salman juga menunjuk Pangeran Muqrin Bin Abdulaziz sebagai Putra Mahkota, namun keputusan itu ia gugurkan sendiri pada 29 April 2015. Posisi Muqrin digeser keponakan Salman yang bernama Muhammad bin Nayef.
 
 
Kiprah Salman di wilayah kerajaan sudah dimulai sejak masih usia yang terbilang muda. memulai karir politik, di usia yang terbilang muda.Ia pernah dipercaya sebagai Wakil Gubernur, kemudian menjadi Gubernur Riyadh selama 48 tahun dari 1963-2011.
 
Lepas dari jabatan Gubernur, Salman dipercaya sebagai Menteri Pertahanan. Setahun berikutnya, ia didapuk sebagai Putra Mahkota setelah kematian saudaranya, Nayef bin Abdulaziz al-Saud.
 
Masa kecil Salman diawali dengan mengikuti pendidikan di Sekolah Pangeran di Riyadh. Di sekolah yang didirikan Ibn Saud khusus untuk keluarga kerajaan ini, Salman belajar agama dan ilmu pengetahuan modern.
 
Soal kekayaan, saat ini Salman menempati posisi puncak pejabat dengan jumlah harta dan aset terbanyak. Dikabarkan ia memiliki kekayaan sebanyak USD17 juta atau setara Rp226 triliun.
 
Pada 1 maret, Salman diagendakan mengunjungi Indonesia. Tak tanggung-tanggung, ia menyertakan 1.500 orang turut dalam rombongan, termasuk 10 menteri dan 25 pangeran.