Cerdas dan luwes menjadi identitas yang melekat ke Soni Sumarsono. 

Sumarsono

Tempat Lahir: Tulungagung, Jawa Timur

Tanggal Lahir: 22 Februari 1959

Sumarsono, pria yang lahir di Tulungagung, Jawa Timur pada 22 Februari 1959. Lulusan Universitas Gajah Mada ini memilih untuk mencurahkan hidupnya sebagai pelayan rakyat.

 
Cerdas dan luwes menjadi identitas yang melekat ke Soni. Ia tergolong sangat gesit dalam menapaki tangga karir birokrasi. Pak "Soni" Sumarsono, demikian sapaan akrabnya, Eselon 3 dan Eselon 2 pada usia yang terbilang muda. Dia diangkat menjadi Eselon II pada usia 42 tahun. 


Kini Soni berpangkat Eselon I di Kementerian Dalam Negeri setelah puluhan tahun mengabdi sebagai pegawai negeri. Jabatan ASDEP Pengelolaan Lintas Batas Negara di Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP pernah dipeganggnya. Soni kini pun dipercaya sebagai Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri.


Menjelang musim pilkada 2017 ini, Soni diberi amanah untuk bertugas sebagai pelaksana tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta. Soni pun dilantik sebagai pemimpin Ibu Kota sejak 26 Oktober 2016, untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Basuki Tjahaja dan Djarot Saiful Hidayat yang tengah menggalang suara.