Yorrys ditunjuk menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, versi kepengurusan yang dipimpin Agung Laksono hasil penyelenggaraan Musyawarah Nasional IX di Ancol, Jakarta, awal Desember 2014 lalu.

 

Yorrys Raweyai

 

Tempat lahir: Serui, Papua Barat
Tanggal lahir: 28 Januari 1951

Yorrys Raweyai merupakan politisi Partai Golkar dan terpilih menjadi anggota parlemen 2009-2014 dan 2014-2019, sebagai anggota Komisi I DPR RI yang membidangi urusan Pertahanan, Luar Negeri, dan Informasi.

 

Ia dikenal sebagai sosok yang membumi, berhubungan dekat dengan rakyat, dan kerap memperjuangkan kepentingan masyarakat Papua. Identik dengan simbol perjuangan masyarakat Papua, ia pun diangkat menjadi Ketua Lembaga Masyarakat Adat Papua.

 

Pria yang akrab disapa Bang Yorrys ini kerap mengkritik berbagai kebijakan yang dinilainya bertentangan dengan kepentingan masyarakat. Ia memegang teguh prinsip bahwa politik tak bisa dilepaskan dari sarana membela rakyat dan demokrasi harus diperjuangkan lewat jalur politik yang santun.

 

Hal itu pula yang mendasari pilihannya pada Partai Golkar, ia hendak memberikan kontribusi politik yang berbasis kekaryaan.

 

Menurut Yorrys, Golkar merupakan partai besar yang telah berhasil melakukan pembenahan internal menjadi lebih plural, demokratis, dan inklusif, Perubahan drastis itu dipicu oleh tuntutan Era Reformasi, yang menandai akhir rezim Orde Baru. Ia meyakini bahwa partai berlambang pohon beringin ini tetap menjadi lokomotif pembangunan dan kemajuan bangsa, serta membawa rakyat kepada kehidupan yang lebih baik.

 

Ia memiliki pengalaman panjang di organisasi kepemudaan dan hingga kini masih menjabat sebagai Ketua Umum Angkatan Muda Partai Golkar (PP-AMPG). Tak hanya itu, Yorrys juga merupakan Ketua Umum Pengurus Bedsar Induk Indonesia Karate-Do 2005-2009.

 

Tokoh ini juga menjadi sebagai Ketua Serikat Pekerja Pariwisata (SP Par). Pada 2012 lalu, Yorrys juga terpilih menjadi Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI).

 

Yorrys ditunjuk menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, versi kepengurusan yang dipimpin Agung Laksono hasil penyelenggaraan Musyawarah Nasional IX di Ancol, Jakarta, awal Desember 2014 lalu.